uuu9H...

caRI...AKYu

Jumat, 15 Februari 2008

I C Q (I SEEK YOU)

ICQ (I Seek You)

ICQ adalah suatu program chat yang sangat cerdik. Program ini dapat dengan mudah menemukan lawan bicara anda di Internet (pengguna ICQ lain) dan menunjukkan kepada anda apakah mereka dalam posisi online/tidak. Jika mereka sedang tidak online, maka anda masih dapat menulis pesan singkat kepada mereka yang akan disampaikan oleh server ICQ kepada mereka ketika mereka menjalankan ICQ mereka.

ICQ dapat pula dikonfigurasi sedemikian rupa, sehingga seseorang membutuhkan ijin (authorization) anda sebelum mereka dapat memasukkan anda dalam Contact List mereka .

Anda dapat pula memprotect profile ICQ anda dengan password, sehingga bila orang lain memakai PC anda, mereka akan harus memasukkan password anda sebelum memakai ICQ tersebut.

Menggunakan ICQ sebenarnya akan mengikuti tahapan-tahapan berikut:

  1. Instalasi, Konfigurasi dan mendaftarkan data anda di ICQ server Mirabilis
  2. Mencari kawan-kawan ICQ anda dan memasukkan mereka kedalam Contact List anda.
  3. Menggunakan ICQ untuk berkomunikasi dengan mereka (anda dan mereka harus dalam posisi online)

Jika anda mendownload program-nya (icq99a.exe) dan menginstallnya anda akan dapat memahaminya jika anda memperhatikan dengan teliti tiap dialog box yang muncul. Jika anda membutuhkan guide, maka petunjuk dibawah ini mudah-mudahan dapat membantu. Petunjuk disini menggunakan ICQ versi 99a.

  1. Lakukan koneksi.
  2. Temukan file icq99a.exe yang anda simpan, klik dua kali pada file tersebut.
  3. Klik Continue, Klik I agree , Klik Next.
  4. Lihat gambar dibawah ini. Proses instalasi meminta anda menentukan direktori kemana program akan diinstall. Putuskan direktori tersebut dan klik tombol Next.



  5. Klik Next, dan klik Next. Ini untuk akan membuat group Mirabilis ICQ didalam kumpulan program anda kemudian.
  6. Tunggu sampai proses instalasi selesai, klik OK untuk menjalankan ICQ. Lihat gambar dibawah ini, klik Next



  7. Lihat gambar dibawah ini, jika anda menggunakan modem untuk koneksi ke Internet, cukup klik Next saja tanpa mengubah apa-apa.



  8. Isikan form yang tampil kemudian, lihat gambar dibawah, klik Next.



  9. Anda akan melihat form lain. Isikan kolom-kolom yang anda anggap perlu, kemudian klik Next.
  10. Anda akan melihat dialog box lain, yang meminta anda menentukan apakah anda ingin termasuk dalam daftar survey Mirabilis atau tidak. Ini menjadi pertimbangan anda. Klik Next setelah anda memutuskan.
  11. Lihat gambar dibawah. Isikan kolom-kolom berikut ini:

    Password:
    Confirm Password:
    Privacy level, klik tombol radio My Authorization is required Ini untuk membuat pengguna lain membutuhkan Autorisasi dari anda sebelum mereka dapat memasukkan anda kedalam Contact List mereka.
    Other Option: Ini sepenuhnya pertimbangan anda.

    Agar jangan melupakan password anda. Klik Next

  12. Sekarang ICQ akan mengkontak server Mirabilis untuk mendaftarkan data-data Anda. Tunggu sejenak. Jika proses ini sukses, anda akan melihat gambar seperti dibawah ini. Catat nomor yang diberikan, kemudian klik Next.



  13. Isikan smtp : smtp.indo.net.id, klik Next dan klik Done. Sekarang saatnya untuk mempelajari penggunan ICQ. ICQ akan langsung meminta anda mulai mencari kawan-kawan pengguna ICQ lainnya. Ada 3 pilihan cara mencari, menggunakan alamat email, menggunakan nickname atau menggunakan nomor ICQ-nya. Yang paling cepat adalah menggunakan nomor ICQ. Anda tidak perlu melakukannya saat ini, anda dapat pula melakukan pencarian kemudian. Jika anda tidak ingin memulai sekarang, klik Cancel, dan klik Cancel sekali lagi.

    Jika anda ingin memulai pencarian dengan menggunakan nomor ICQ, masukkan nomornya dan klik Next

  14. Tunggu hingga hasil pencarian ditampilkan. Kemudian klik Next. Kadang-kadang, teman yang anda temukan harus memberikan Autorisasinya dulu, terkadang tidak, tergantung bagaimana ia mengkonfigurasi ICQ-nya. Jika ia mengharuskan Autorisasi, anda akan melihat dialog box "Enter a request reason", ketikkan kalimat anda yg meminta Autorisasi darinya, kemudian klik tombol Request. Jika ia tidak mengharuskan Autorisasi, maka sebuah dialog box akan memberitahu anda bahwa ia sudah dimasukkan kedalam Contact List anda. Gambar dibawah ini contoh yang menunjukkan kedua tipe pengguna ICQ yang berhasil ditemukan.

Menggunakan ICQ

Kembali pada gambar diatas.

  • Tombol dengan gambar bunga.Tombol ini menunjukkan kondisi ICQ anda, apakah sedang tersambung dengan server ICQ atau tidak. Warna hijau pada gambar bunga menunjukkan sedang tersambung. Warna merah menunjukkan bahwa sedang terputus. Pada saat ICQ berusaha menyambung dengan ICQ server, warna bunga akan berubah-ubah antara hijau dan merah. Anda dapat mengklik tombol ini untuk memutuskan atau menyambungkan hubungan.
  • Tombol ICQ Web Guide : mengklik tombol ini akan menjalankan browser anda dan otomatis membuka alamat http://www.mirabilis.com
  • System : Jika anda melihat areal ini berkelip-kelip, ini pertanda bahwa ICQ server menyampaikan pesan kepada anda. Jika anda melihatnya berkelip, segera klik dan pilih Receive untuk melihat pesan tersebut. Pesan ini mungkin saja berasal dari seorang pengguna ICQ lain yang kebetulan menemukan anda. Setelah anda meregisterasi data anda ke server ICQ, anda juga akan melihat areal ini berkelip-kelip. Segera klik dan pilih Receive.
  • Offline: Nama-nama nickname yang ada dibawah garis ini menunjukkan bahwa mereka dalam posisi offline. Jika mereka kemudian online, maka anda akan melihat garis baru bertuliskan Online dengan nama nickname mereka dibawahnya.
  • Waiting Authorization : Nick name yang anda lihat dibawah ini adalah orang-orang yang mengharuskan Autorisasi dari mereka sebelum anda bisa memasukkannya kedalam Contact List anda. Jika mereka kemudian memberikan response, maka anda akan melihat areal system berkelip. Klik segera dan pilih Receive untuk melihat apakah betul atau tidak mereka memberikan Autorisasi.
  • Tombol Menu : Tombol ini mengandung beberapa sub-menu. Gunakan tombol ini untuk mengubah preferences, membaca Help dan juga untuk menutup ICQ.
  • Tombol To Advanced Mode : Jika anda klik tombol ini, dialog box yang meminta konfirmasi , bahwa anda ingin menggunakan ICQ dalam kemampuan Advanced akan ditampilkan. Menggunakan mode Advanced ini akan menambah variasi menu pada tombol Menu, dan juga pada menu yang anda akan lihat pada saat anda mengklik salah satu nickname.

Ketika anda melihat kawan anda dalam posisi online, anda dapat mengklik nickname mereka itu dan memilih Message, ICQ Chat, File dan pilihan lain. Jika ICQ anda dalam mode Advanced, maka sub-menu lebih bervariasi dibandingkan dengan mode Simple.

  • Klik ICQ Chat untuk mengajak mereka berkomunikasi.
  • Klik Message jika anda ingin menuliskan pesan ke mereka melalui server ICQ
  • Klik File untuk mengirimkan file kepada mereka.

Anda dapat berkomunikasi dengan lebih dari 1 nickname pada satu saat. Jika mereka dalam posisi offline, maka anda masih dapat menggunakan Message. Pesan akan disampaikan oleh server ICQ jika mereka kemudian online dengan ICQ-nya.

Jika salah satu dari nickname yang anda pada Contact List anda berkelip-kelip, ini pertanda mereka ingin menyampaikan sesuatu pada anda, mungkin ini suatu Chat Request atau hal lainnya.. Anda harus mengklik nickname jika melihatnya berkelip-kelip.

Untuk mencari seseorang, klik tombol Add/Find Users, kemudian klik tombol Main Search. Kemudian pilih apakah anda hendak mencari menggunakan alamat email mereka, nickname mereka, atau nomor ICQ mereka. Kemudian klik Next. Dari hasil pencarian, klik satu kali pada salah satu nickname yang ditemukan, kemudian klik tombol Next. Anda dapat pula melakukan pencarian lewat halaman web di http://www.mirabilis.com


Catatan:

Setelah menginstall ICQ, ketika anda menyalakan komputer, anda akan melihat icon didekat petunjuk waktu di komputer anda. Icon ini disebut "ICQ NetDetect Agent". Fungsinya adalah untuk memonitor status koneksi anda dengan ISP anda. Begitu anda terkoneksi, icon ini akan ber-reaksi, menjalankan program ICQ anda. Jika anda tidak menyukai hal ini anda dapat mematikan fungsi Netdetect ini :

  1. Biarkan ICQ terbuka
  2. Klik tombol Menu
  3. Klik Preferences
  4. Klik tab Connection
  5. Hilangkan tanda check pada box "Launch ICQ on startup"

1 komentar:

JaCk mengatakan...

greetings from Italy :D